Senin, 29 Juli 2013

Berikut Tips Aman Tinggalkan Rumah Kosong Saat Mudik

 
Mudik ke kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga menjadi tradisi. Agar meninggalkan rumah kosong dengan tenang, simaklah tips yang diberikan polisi ini.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Martinus Sitompul, mengatakan, dengan memperhatikan tips ini diharapkan pencurian rumah kosong bisa dihindari.

“Buatlah jebakan, setidaknya saat si maling membuka pintu ada barang yang jatuh dan bisa mengundang perhatian warga,” sebut Martinus kepada wartawan di Bandung.

Untuk lebih praktis, lanjut Martinus, masyarakat yang meninggalkan rumah bisa memasang alarm yang berfungsi sebagai jebakan.

Tips kedua, menitipkan kunci kepada tetangga atau sanak saudara terdekat. “Minta tolong kepada yang dititipkan agar menyalakan lampu pada malam hari, dan mematikannya pada pagi hari. Agar seolah-olah rumah tidak dalam keadaan kosong,” katanya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rakman Baso mengimbau agar masyakarat menitipan barang berharga yang tidak dibawa ke penyewaan safety box yang biasanya berada di bank.

Sedangkan untuk mengantisipasi pencurian, pihaknya telah mengintruksikan jajarannya untuk membuat edaran berisi imbauan untuk masyarakat khususnya yang akan mudik.

“Isinya seperti imbauan untuk menitipkan rumah yang kosong kepada petugas keamanan. Lalu matikan listrik dan kompor sebelum pergi,” terangnya.

Dia berharap, langkah yang dilakukan pihak kepolisian bisa menjauhkan masyarakat dari tindak kriminalitas pada mudik nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar